Rom Gnote yg irit batt --was: Re: [id-android] Ask : Notes di GNote

1 view

Michael P.

to id-an...@googlegroups.com
Pakai Rom apa pak Iwan?
Kok batt-nya bisa awet seperti itu?
Gnote saya pernah ditinggal tidur dengan wifi dan 3G nyala, malam
masih sekitar 65%-an, paginya udah tewas.
Ngga tau juga drainnya sama aplikasi apa. Seingat saya sih ngga
install aplikasi aneh2.
Makanya sempat kesal masalah bocornya batt Gnote.
Bisa di-share pak caranya supaya battnya bisa anteng kayak Gnote pak Iwan?
Tq

On 1/31/12, Iwan Suryolaksono <iwan...@gmail.com> wrote:
> [...]
> https://market.android.com/details?id=com.kompas.android.kec
> --------------------------
> Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband

Regards,
Michael P.

Iwan Suryolaksono

to id-an...@googlegroups.com

Pertama, yang paling penting adalah memilih kernel yang terbaik. Saat ini menurut saya abyssnote 3.5 adalah yang terbaik.

Kedua memilih governor yang paling sesuai. Irit baterei tapi tidak mengebiri performa. Yang paling bagus saat ini ya governor abyssplug. Menurut saya, frekuensi maksimum gnote sudah sangat bagus di 1.2 atau malah 1000 saja. Jadi silakan kalau mau diunderclock.

Ketiga, undervolting bisa dilakukan setidaknya turun 25 point pada setiap frekuensi. Tapi optimumnya bisa turun di 75 point. Harus dilakukan eksperimen untuk ini. Tidak terlalu signifikan, tapi memang berefek.

Keempat, periksa banyak sekali bloatware samsung yang jalan di background dan menyedot power dan bandwidth. Untuk hal ini, kita bisa gunakan aplikasi autostart (berbayar) untuk mendisable bloatware itu dan whitelist task killer dari aplikasi zdbox. Gabungan keduanya sangat efektif untuk menghilangkan noda-noda yang membandel. Eh, kayak rinso aja :).

Lalu yang kelima, setting fast dormancy mesti didisable kalau mau pakai operator Indonesia. Caranya pernah dibahas di milis ini. Kalau kita sedang diam di satu tempat dengan koneksi HSDPA atau 3g yang bagus, sebaiknya diset koneksinya ke wcdma only. Tapi kalau kita sedang mobile, sebaiknya diset ke auto saja.

Yang keenam, kontrol penggunaan bandwidth saat screen off, yang menghalangi dari deep sleep, dengan 2x battery. Masukkan aplikasi yang kita inginkan selalu online ke dalam whitelist, seperti whatsapp, Trillian, dsb. Saya cenderung menghindari penggunaan juice defender karena opsi-opsinya ambigu dan uncontrollable.

Yang ketujuh, kadang masih ada juga program yang nyelonong di background dan menyedot semua juice diam-diam. Lolos dari autostart dan tidak terdeteksi zdbox. Kita mesti analisis dengan partial wakelocknya aplikasi betterbatterystat. Disitu semuanya bakal ketahuan. Kalau sudah ketahuan, tinggal di-deep freeze saja pakai tibu :).

Jangan lupa, setting email yang auto sync cuma email bisnis dan kerja saja.. Email milis disync secara manual saja. Bisa pakai widget khusus. Banyak untuk itu.

Dijamin keluar juice nggak habis-habis :)

Salam,
Iwan Suryolaksono

lukman hakim

to id-an...@googlegroups.com

Wow nice share om iwan
Patut di coba :))
Mantap!!!

turkbeyrom with siyah

Michael P.

to id-an...@googlegroups.com

Wah..trimakasih atas sharingnya pak Iwan. Sampe merinding bacanya.. :)
Sebelum bisa punya Gnote irit batt, keliatannya saya harus memperdalam ilmu di padepokan BEC bareng master suhu disana, alias minta di-upgrade-in sama beliau.
Beneran ngga kuat nampung ilmunya pak Iwan, jauh banget level ngopreknya.

BR,
Michael P.

-mic-

hendrikPOLTAK

to id-an...@googlegroups.com
☺☺º°˚˚°º ŴŎŵ☺∞☺˚˚°º☺☺..thx tips2nya Om :)

Sent from my....hmmm

From: Iwan Suryolaksono <iwan...@gmail.com>
Date: Tue, 31 Jan 2012 18:09:04 +0700
Subject: Re: Rom Gnote yg irit batt --was: Re: [id-android] Ask : Notes di GNote

Michael P.

to id-an...@googlegroups.com

Nambah lagi pertanyaannya ya pak,

- Rom yg paling pas buat bikin irit batt pakai Rom apa?
Apakah Rocket Rom bagus? Atau cukup pake kernel AbyssNote + rooted Rom standar?

- Apa ada custom Rom yg bisa meng-adjust colour Gnote, supaya warnanya ngga se-vivid sekarang?
Setelan movie masih terasa dangdut-an.. :)

Berkat pak Iwan, sekarang mau coba lagi Gnote.
Tq pak.

BR,
Michael P.

-mic-

Iwan Suryolaksono

to id-an...@googlegroups.com

Yang paling jadi masalah dengan penggunaan rom standard itu adalah banyaknya samsung bloatware yang jalan di background dan menyedot baterei cukup signifikan karena online terus-terusan tanpa kita tahu! Beberapa di antaranya adalah: samsung ad service, samsung push service, dll. Dengan betterbatterystats bisa dilacak bagaimana aktivitas bloatware ini memboroskan resource gnote!

Jadi saran saya, gunakan rom yang paling sedikit menggunakan bloatware dari samsung. Minimal rocket. Yang paling irit, tapi repot kustomisasinya, ya check rom! Jangan gunakan rom standard!

Memang setting minimum brightness gnote masih ketinggian! Silau di mata kalau kita gunakan di dalam ruangan. Dan tentu juga boros. Sementara ada aplikasi filter seperti screen filter yang bisa mengurangi silaunya, tapi tidak menambah hemat batereinya. Dan filter keabu-abuan tidak nyaman di mata. Bagaimanapun oled screen memang beda cara kerjanya dibanding lcd screen.

Ada aplikasi namanya screen adjuster, gratis di market dari netman, yang tidak hanya menurunkan brightness tapi juga mengatur ulang komposisi RGB sesuai keinginan kita, untuk menyeimbangkan screen gnote yang agak blueish. Dengan menaikkan slider red, screen gnote bukan hanya diturunkan brightnessnya tapi juga dibuat jadi lebih "putih"!

Salam,
Iwan Suryolaksono

Yoyong ﺁﺑﺆﺭﻕ Pakaya

to id-an...@googlegroups.com

Mantap sharingnya om Iwan. Cari waktu ngoprek dulu ah....

gnote tether from gyoung flexi cdma rev A
web : http://android-makassar.com
gtalk : abi.ulwanfb
YM : abi_ulwan
kakao : abiarul

Michael P.

to id-an...@googlegroups.com
Thanks pak Iwan.
Makin ngga sabar nunggu Gnote replacement dari Samsung nih..!