Masalah Aplikasi Push (Not Ecnrypted Message)

Marcel Bonar

to Indonesia Blackberry Developer
Saya mendevelop aplikasi push pada OS 5.0

semua dari proses registrasi dan instalasi debug-portal smeua berjalan
lancar,

namun ketika push message, message diterima atau di block oleh
firewall (padahal firewall mati) sebagai not encryted Message

Device menerima data (tanda panah dua arah di pojok kanan atas
blinking) namun push message tidak diterima

dan ketika di cek ternyata ada error dalam debug info (Alt + LGLG) di
device yang bertuliskan :

E net.rim.gme – RRcd

saya sudha coba memakai sample-push application yang di provide oleh
RIM juga sama saja, push message tidak diterima dengan baik di
device.....

ada yang pernah mengalami ini atau ada yang tahu solusinya?

William Yose

to blackberry...@googlegroups.com
kalo yg saya baca2 di google kira2 penyebabnya adalah aplikasi push
berusaha untuk handle event sebelum aplikasi punya ijin untuk
melakukannya.

Linknya: http://forums.crackberry.com/forum-f145/multiple-errors-event-log-538429/

saya mengalami hal yg sama, dan sekarang berusaha untuk debugging....

2011/7/15 Marcel Bonar <marcel...@gmail.com>:

> --
> Milis ini merupakan sarana berbagi informasi dan solusi dari tiap aplikasi Blackberry yg akan dibuat.
>
> selamat berkarya dan semoga sukses!
> Maju terus Developer Indonesia!!
>
> visit our blog: http://blackberrydeveloper.wordpress.com/
>
> Cara bertanya yang baik
> http://bit.ly/d7X2vj
>
> Keluar dari milis:
> blackberry-devel...@googlegroups.com
>
> untuk Informasi
> http://groups.google.com/group/blackberry-developer?hl=en

Marcel Bonar

to Indonesia Blackberry Developer
Tapi sedikit aneh ya, soalnya sample-push-enabled application yang di
provide oleh RIM aja juga mengalami hal yang sama........

dan lebih aneh lagi, hal ini terjadi sering timbul tapi juga kalo
aplikasi dibuild ulang kadang-kadang aplikasi push lancar" aja.......
dan banyak developer di support forum blackberry yang mengalami hal
ini pada periode sekarang ini (dalam tahu ini) padahal seblumnya ngga.

Kalo memang benar ada race condition di antara event handler
(onMessage() di push application API) dengan permission request,
pertanyaannya permission request yang ada di options blackberry
devicenya kah? atau di onMessage perlu di sleep dulu reading threadnya
selama beberapa saat?

RIM APAC

to Indonesia Blackberry Developer
Halo, saya Sarim dari tim RIM Developer Relations.
Marcel menggunakan Push environment yang evaluation atau production?
Kalau mencoba dengan sample push application, seharusnya ada debug
output yang di-printout oleh code-nya. Ketika dicoba, ada debug output
tertentu kah dari sample application? Mungkin hasil itu bisa di-
provide sehingga bisa dicek masalahnya dari mana.
Untuk saling berbagi dan memperkaya pengetahuan serta material terbaru
mengenai pembuatan aplikasi untuk BlackBerry®, kami mempersilahkan
rekan developer untuk bergabung ke BlackBerry® support forums
berbahasa Indonesia di http://bit.ly/BBForumDukungan
Terima kasih dan salam.

William Yose

to blackberry...@googlegroups.com
kalo menggunakan push environment yang evaluation
(http://pushapi.eval.blackberry.com), dan ketika push message dikirim
via php file, ada pesan kayak gini:

Operasi push berhasil Our PUSH-ID: 1311046710.1096
PUSH-ID: 1311046710.1096
REPLY-TIME: 2011-07-19T03:38:29Z
Response CODE: 1001
Response DESC: The request has been accepted for processing.

gimana ya, apakah ada salah konfigurasi pada program java-nya? Ini
konfigurasi saya:

private static final String PUSH_PORT = ""; (nomor port)
private static final String BPAS_URL = "http://pushapi.eval.blackberry.com";
private static final String APP_ID = "; (ID aplikasi)
private static final String CONNECTION_SUFFIX =
getConnectionString()+";ConnectionType=mds-public";

William Yose

to blackberry...@googlegroups.com
Tambahan....

Ini konfigurasi untuk register Bpas:

private String formRegisterRequest(String bpasUrl, String appId,
String token) {
StringBuffer sb = new StringBuffer(bpasUrl);
sb.append("/mss/PD_subReg?");
sb.append("serviceid=").append(appId);
sb.append("&osversion=").append(DeviceInfo.getSoftwareVersion());
sb.append("&model=").append(DeviceInfo.getDeviceName());
if (token != null && token.length() > 0) {
sb.append("&").append(token);
}
return sb.toString();
}

final String registerUrl = formRegisterRequest(BPAS_URL, APP_ID, null)
+ CONNECTION_SUFFIX;

yang kemudian url tersebut saya buka dengan HTTP connection...

Marcel Bonar

to Indonesia Blackberry Developer
Saya masih menggunakan evaluation. apakah sebaiknya langsung digeser
ke production?

Debug output dari class loggernya sample push enabled app? nope....
tidak menunjukkan adanya masalah loggernya "Listening Message Through
Push API" .... registrasi dari smaple push enabled app lancar.....
data yang terkirim dari debug portal di server juga mendapatkan
response 1001 dimana accepted for processing..........

masalahnya adalah message tidak pernah diterima.

hanya ketika melakukan message dari server, data indicatornya blinking
tetapi notification dari sample push enabled appnya tidak jalan,
seakan aplikasi tidak pernah menerima message apapun, begitu juga
dengan logger sample push-enabled-nya. yang anehnya counting pada not
encrypted message bertambah setiap kali ngepush (di blok oleh firewall
padahal off). Hal ini terjadi bukan hanya pada saya namun jgua
beberapa developer lain, bisa dilihat di sekaligus dengan contoh kasus
di screenshot blackberry pada salah satu link:

http://supportforums.blackberry.com/t5/BlackBerry-Push-Development/E-net-rim-gme-RRcd-Error-on-receiving-push-message/td-p/1202063

http://supportforums.blackberry.com/t5/BlackBerry-Push-Development/NEED-HELP-Sample-Push-Application-Won-t-Work/td-p/1040173

http://supportforums.blackberry.com/t5/General-BlackBerry-Functions-and/Firewall-blocks-quot-Not-encrypted-quot/td-p/1044715

ketika dicek di beug info device (Alt + L G L G) ditemukan lah error
dengan kode: E net.rim.gme – RRcd

apa arti kode tersebut sebenarnya mas Sarim ? apakah kesalahan dari
sisi developer? atau dari RIM? atau dari network carrier (telko
provider BIS-Bnya) karena saya tidak bisa menemukan di dokumentasi RIM
di web tentang issue ini. saya sedikit frustasi karena mandek juga,
saya sudah kirim email baik ke blackberryp...@rim.com tidak
ada jawaban juga. .

On Jul 18, 5:48 pm, RIM APAC <rim.apa...@gmail.com> wrote:
> [...]
> mengenai pembuatan aplikasi untuk BlackBerry®, kami mempersilahkan
> rekan developer untuk bergabung ke BlackBerry® support forums

William Yose

to blackberry...@googlegroups.com
Iya. apakah kita harus berpindah ke push production?

Ada link yg mungkin bisa membantu nih, kalo memang link ini benar,
berarti server eval-nya mungkin yg error....CMIIW

http://supportforums.blackberry.com/t5/BlackBerry-Push-Development/Prod-PD-subReg-command-is-not-currently-in-service/m-p/615803#M1007

RIM APAC

to Indonesia Blackberry Developer
Halo, saya Sarim dari tim RIM Developer Relations.
Marcel, port yang digunakan sudah tepat kan? Boleh provide device PIN-
nya, mungkin?

On Jul 19, 10:52 am, William Yose <yoseb...@gmail.com> wrote:
> [...]
> private static final String CONNECTION_SUFFIX =
> getConnectionString()+";ConnectionType=mds-public";

Marcel Bonar

to Indonesia Blackberry Developer
sudah tepat sesuai credential yang diberikan oleh RIM. device PIN
23485ca9

On Jul 20, 4:29 pm, RIM APAC <rim.apa...@gmail.com> wrote:
> [...]
> mengenai pembuatan aplikasi untuk BlackBerry®, kami mempersilahkan
> rekan developer untuk bergabung ke BlackBerry® support forums

Edo

to blackberry...@googlegroups.com
Sepertinya memang belum ada solusi hingga saat ini.
Kalaupun rekan-rekan disini ada solusi yang signifikan dan lebih efektif tanpa harus delete data dan reset setting mohon share ya.

Saya saat ini mengalami hal yang sama, ke block sama firewall push messagenya. :(

Best Regards,
Edo

Sent from my BlackBerry®

Last wanto

to blackberry...@googlegroups.com
Ini kelanjutannya gimana yah ??

tadi siang nyoba push service (bpss-1.0.1.11) yg sbelumnya sudah di install di komputer masih bisa push messagenya..Terus lihat di situs RIM ada versi baru bpss-1.1.0.16, di download dan dicoba.

Alhasil message saya di block juga firewallnya..

Amri Shodiq

to blackberry...@googlegroups.com
Kalo saya sekarang ngikuti fesbuk,
download setiap 2 jam. Hehehe.
Culun tapi jalan.

2011/7/25 Last wanto <java.la...@gmail.com>
330.gif

Marcel Bonar

to Indonesia Blackberry Developer
oke..... saya mencoba untuk menggeser dari eval ke production.... dan
berhasil dengan lancar di semua device test......

saya belum membaca dengan benar agreement dan risk karena debug dibuat
di production....

On Jul 25, 5:36 pm, Amri Shodiq <amri.sho...@gmail.com> wrote:
> Kalo saya sekarang ngikuti fesbuk,
> download setiap 2 jam. Hehehe. [?]
> Culun tapi jalan.

>  330.gif
> < 1KViewDownload

Last wanto

to blackberry...@googlegroups.com
di production lancar yah...

mau gimana lagi..belum nemu solusi neh.. coba juga ah di production..

William Yose

to blackberry...@googlegroups.com
di production lancar jaya....

RIM APAC

to Indonesia Blackberry Developer
Halo, saya Sarim dari tim RIM Developer Relations.
Marcel, kalau menurut data kami, PIN yang Marcel tulis di bawah ini
telah de-registered dari content provider dan subscriber. Kalau memang
demikian, itu penyebab message-nya tidak diterima.
[...]

Marcel Bonar

to Indonesia Blackberry Developer
@Sarim
Saya memang sudah deregister device PIN tersebut karena saya sudah
mencoba beralih ke production dan aplikasi berjalan dengan bai dan
lancar di production environment. Tapi, developer lain masih mengalami
masalah yang sama di evaluation environment. Jika berkenan, silahkan
membaca thread yang saya buka di forum blackberry international :

http://supportforums.blackberry.com/t5/BlackBerry-Push-Development/E-net-rim-gme-RRcd-Error-on-receiving-push-message/td-p/1202063

saya juga sudah melapor ke Blackberry Incident Support dan mendapat
respon satu minggu yang lalu sebagai berikut :

Hello,

provided.

If you have any questions concerning this request, please reply to
this email within the next three (3) days.

Details:
Support for push api problem

Resolution:
Awaiting response from developer to proceed with technical support via
Incident Based Support.

Sedekiti ironis karena tidak ada yang bisa menjelaskan apa yang
terjadi dengan evaluation environment. Karena sudah terbukti jika
dipindahkan ke production, tanpa mengubah kode aplikasi sedikit pun,
dapat berjalan dengan lancar.

Pertanyaannya :

1. Apakah diperbolehkan untuk mendebug program push dalam production
environment?
2. Apakah resiko nya jika aplikasi belum selesai namun sudah masuk
production environment, meskipun tidak di publish ke end user terlebih
dahulu (development dikerjakan pada production environment)
3. Kenapa tidak ada satupun dari RIM yang menjlaskan kenapa terjadi
Problem atau Error tersebut padahal di forum resmi dan email ke
blackberry...@rim.com sendiri sudah banyak? (bukan hanya saya
saja ataupun teman-teman dari Indonesia, namun hampir sebagian besar
developer di seluruh dunia mengalami hal ini)

Last wanto

to blackberry...@googlegroups.com
Anehnya, kadang2 di evaluation bisa sendiri..kadang gak bisa lagi..

RIM APAC

to Indonesia Blackberry Developer
Halo, saya Sarim dari tim RIM Developer Relations.
Kami sudah mendapatkan konfirmasi internal, bahwa tim infrastruktur
RIM masih menangani isu terkait, mohon maaf atas terjadinya masalah
parsial di Evaluation test environment ini. Akan di-update lagi ketika
tim infrastruktur dan teknis telah menyelesaikannya.
Terima kasih dan salam.