Aliran Pembaru Isa Bugis

Hasan Mukmin Mabruk

Aliran Pembaru Isa Bugis

Isa Bugis lahir tahun 1926, di kota Bhakti Aceh Pidie. Sekarang ia tinggal di daerah Kayu Manis Jakarta Timur.

Isa Bugis ingin menerjemahkan dan menganalisa agama Islam berdasarkan teori pertentangan antara dua hal. Seperti ideologi komunis dengan kapitalis, antara nur dan dzhulumat.

Ia berusaha untuk mengilmiahkan agama dan kekuasaan Tuhan dan akan menolak semua hal–hal yang tidak bisa diilmiahkan atau tidak bisa diterima oleh akal. Oleh karena itu ajaran Isa Bugis ini banyak diikuti oleh para intelek yang cenderung lebih menggunakan akal dan pikiran.

Banyak sarjana yang tertarik dengan ajaran Isa Bugis. Hampir semua Dosen Agama Islam IKIP Negeri Rawamangun Jakarta (kini namanya UNJ --Universitas Negeri Jakarta) terdiri dari pengikut Isa Bugis. Kelompok pengikut Isa Bugis di IKIP Negeri Rawamangun ini bisa dikatakan sudah menguasai pola pikiran keagamaan di IKIP. Mahasiswa yang menolak pola pemikiran Isa Bugis pasti akan sulit untuk lulus ujian mata kuliah Agama Islam.

Para pengajar yang sudah berpaham Isa Bugis itu menyusun pelajaran agama khusus untuk mahasiswa IKIP dan dijadikan buku wajib untuk pegangan mahasiswa. Banyak mahasiswa yang menjadi korban (tidak lulus) karena tidak mau mengikuti materi dalam buku itu. Setiap diadakan perlawanan, selalu mahasiswa yang dikalahkan.

Keresahan pun menjadi-jadi. Lalu banyak pengaduan mahasiswa yang disampaikan kepada penulis, disertai bukti buku tersebut. Kemudian penulis meneliti materi buku tersebut.

Setelah mendapat bukti-bukti bahwa para dosen Agama Islam IKIP Rawamangun itu pola berpikirnya sudah dikuasai oleh pola berpikir sarjana-sarjana Yahudi dan memang diakui oleh mereka dalam pengantar buku tersebut, akhirnya penulis membongkar masalah materi buku tersebut dalam koran Pelita dengan judul yang cukup keras. (Data ada di Harian Pelita ).

Pokok-pokok Ajaran Isa Bugis
1. Air Zam-zam di Makkah adalah air bekas bangkai orang Arab.
2. Semua kitab tafsir Al-Qur’an yang ada sekarang harus dimuseumkan, karena semuanya salah.
3. Menolak semua mukjizat para Nabi dan Rasul, seperti kisah Nabi Musa as membelah laut dengan tongkatnya dalam Al-Qur’an adalah dongeng Lampu Aladin.
4. Nabi Ibrahim As. menyembelih Ismail adalah dongeng.
5. Ka’bah adalah kubus berhala yang dikunjungi oleh turis setiap tahun.
6. Ilmu fiqih, ilmu tauhid dan sejenisnya adalah syirik. Ulama yang mengajarkan ilmu ini harus disingkirkan ke Pulau Seribu.
7. Al-Qur’an bukan bahasa Arab, sehingga untuk memahami Al-Qur’an tidak perlu belajar bahasa Arab, tata bahasa Arab dan sejenisnya.
8. Setiap orang yang intelek diberi kebebasan untuk menafsirkan Al-Qur’an walau tidak mengerti bahasa Arab.
9. Ajaran Nabi Muhammad adalah pembangkit imperialisme Arab.
10. Ajaran Qurban pada waktu Iedul Adha tidak ada dasar kebenarannya.
11. Mubaligh-mubaligh Islam yang menyebarkan agama ke luar tanah Arab adalah pemabuk dzulumat yang haus darah dan harta.
12. Indonesia adalah di antara sekian banyak korban-korban dari kebiadaban Arabisme.
13. Lembaga Pembaru (yang dipimpin oleh Isa Bugis) adalah Nur, sedangkan orang atau golongan di luar Lembaga Pembaru Isa Bugis adalah Dzulumat, sesat serta kafir.
14. Sekarang masih periode Makkah sehingga belum diwajibkan shalat, puasa dan lainnya. Begitu juga minuman yang memabukkan seperti khamar dan sejenisnya belum diharamkan.

Beberapa Contoh Cara Mereka dalam Menafsirkan Al-Qur’an

1. Surat Al Fiil ayat 1: “Tidakkah engkau Muhammad memperhatikan bagaimana Tuhan menghancurkan pasukan altileri yang membawa persenjataan berat (Meriam/Tank Baja/Panser)” QS. Al Fiil (105:1)

Komentar mereka:
Kata Fiil: yang biasa diartikan dengan Gajah oleh para Mufassir itu tidak masuk akal sehat, karena tidak mungkin Gajah bisa hidup di daerah Arab Saudi yang tandus yang tidak ada daun-daunan dan rumput-rumputan untuk makanan Gajah.

2. Kalimat Yaumul Qiyaamah dalam Al-Qur’an, mereka artikan dengan: hari maju pembangunan (zaman pembangunan).
Mereka mengartikan qaama–yaquumu-qiyaamatan = pembangunan. Jadi hari kiamat adalah hari majunya pembangunan, dan bukan hari akhir (qiyamat) seperti yang diartikan oleh para mufassir selama ini.

3. Surat Al Ikhlas .
Allahu Ahad = Allah pemersatu kehidupan.
Allahu Shamad = Semuanya (zhulumat dan nur) tergantung kepada kepastian Allah.
Lam yalid walam yuulad = zhulumat itu bukan pemersatu melainkan pemecah belah.
Wa lam yakun lahu kufuwan ahad = Oleh karena itu dzulumat tidak mempan mempersatukan kehidupan.

4. Ya bunayya laa tusyrik billahi = Wahai anakku! Janganlah membagi kekaguman hati kamu terhadap ajaran Allah ini.

5. Idza zulzilatil ardlu zilzaalaha = Apabila datang traktor yang meratakan tanah.

Menurut hasil penelitian Proyek Pengawasan Kegiatan Keagamaan dan Aliran-Aliran/paham-paham, Departemen Agama RI mengatakan: “Ada sinyalemen bahwa gerakan Lembaga Pembaru yang dipimpin oleh Isa Bugis ini ada hubungannya dengan gerakan komunis Internasional dalam rangka usaha meng-come back-kan sisa-sisa G 30 S/PKI di Indonesia”. (Lihat buku: “Beberapa hal tentang Agama dan aliran kebatinan di Indonesia oleh Drs. R E. Djamali Kertoraharjo, Proyek Pengawasan Kegiatan Keagamaan dan Aliran-Aliran/paham-paham Departemen Agama 1972, hal.174).

Sumber: Buku “Aliran dan Paham Sesat di Indonesia”, Hartono Ahmad Jaiz, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Februari 2002.
Download the free Opera browser at http://www.opera.com/

Free OperaMail at http://www.operamail.com/

Powered by Outblaze

Tasripin

Kepada Yth. Ikhwan Hasan Mukmin Mabruk

Ass. Wr. Wb.
Terima kasih atas tulisannya tentang Islam Ala Isa Bugis, karena saya
pribadi ex murid beliau sejak 1978 s/d 1996 dan 6 teman saya lainnya, dimana
tiga diantaranya bekas guru atau istilahnya Koordinator Jakarta Barat,
memang pada umumnya mereka sudah merasa" Ana khoirum minhum ", makanya
Mazhab Syiah dan Sunni sudah dicap, kelompok Zulumat yang tidak
merepresentasikan Islam yang benar. Kami harus berterimakasih kepada
Kelompok ini, karena memberikan motivasi untuk menguasai Bahasa Al Qur'an
(Kata yang selalu didengungkan, bukan bahasa Arab), karena Arrobiyan
diterjemahkan Bahasa yang serumpun dengan bahasa Arab dan menegaskan bahasa
yang pertama dipakai manusia adalah bahasa Al Qur'an.
Hal ini mendapat pembenaran, dimana ada perubahan slang dan perubahan hurup
dan tertukarnya posisi hurup di bahasa Hebrew bila dibandingkan dengan
bahasa Arab, seperti Alif..........Alepth................Alpa,
Ba................Beth..................Beta,
Ghoin.................Gimel.................Gama dll. Ni-Gatsu
(Jepang)...............Ni (Dua)......isnaeNi (dua Arabic), GO (lima
Jepang/China)........KHOmsatun (lima Arabic). Namun setelah kami berdiskusi
dengan Mazhab Ahlul Bait selama 3 bulan sebanyak 6 kali, terpaksa dengan
berat hati saya lepas baju Isa Bugis dan hijrah ke Mazhab Ahlul Bait,
walaupun sudah mendapat hujatan dari semua sisi, termasuk Buku-buku Prof.
Rasyidi, Prof. Ali Sulus dari Pakistan, Buku Gen Syiah, Virus Syiah, tapi
tidak menyusutkan langkahku untuk menuju kesana, alasan kalau saja saya
tidak menengok Mazhab Ahlul Bait, mana mungkin aku mengetahui keharuman dan
kepiawaian mereka dalam memahami Agama ini dan aku tak akan pernah lagi
menginjak Mazhab Abu Sofyan dan kroninya yang disebut Sunni, malah bagiku
Isa Bugis, merupakan fakta lapangan ucapan
rosul,....................................bila Kelompok Arab membelakangi
Ahlul Baitku, maka mereka akan berihtilaf dan menjadai kelompok Iblis.

Demikianlah dan terima kasih atas perhatiannya.
Wassalam,
Tsrp Adwj.

> [...]

> Mereka mengartikan qaama-yaquumu-qiyaamatan = pembangunan. Jadi hari

> Maksimum e-mail (kuota) yang bisa dikirim oleh tiap anggota adalah 5
e-mail per hari. Pelanggaran selama 3 kali berturut-turut akan dikeluarkan
dari milis ini.

sabili-s...@yahoogroups.com
> Untuk unsubscribe dari milis sabili kirim email kosong ke:
sabili-un...@yahoogroups.com

AbuGhaziyah

to tasri...@hce.co.id, hasan-...@operamail.com
--- Tasripin <> wrote: > Kepada Yth. Ikhwan Hasan

Sign up for SBC Yahoo! Dial - First Month Free
http://sbc.yahoo.com

yayandisnak...@gmail.com

dinama saya harus mempelajari ajaran islam isa bugis

saepulo...@gmail.com

Apakah di Bandung ada tempat study aqms
Tolong beritahu saya di mana saya harus belajar ajaran isa bugis yg sungguh luar biasa dan ilmiah ini.