[Oil&Gas] (energi) Energy Saver - Tinjauan Terhadap Kemampuan Menghemat

Administrator

to migas_i...@yahoogroups.com

Dewasa ini banyak beredar dipasaran suatu alat yang dipromosikan dapat menghemat pemakaian energi listrik di lingkungan rumah tangga. Alat ini mempunyai nama bervariasi tergantung kepada pabrik pembuatnya, sedangkan nama standarnya belum ada. Umumnya mereka menyebut dengan nama

Energy Saver. Namun untuk menghindari salah persepsi,

dalam tulisan ini kita akan menamakan alat yang sedang populer tersebut sebagai kompensator daya (sebab belum tentu sebagai

energy saver). Alat kompensator daya ini dipromosikan dapat menghemat pemakaian energi listrik hingga 30 %.

Karena menyangkut penghematan uang, maka banyak dari anggota masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga yang tertarik untuk membeli alat kompensator daya ini, namun banyak diantara para calon pembeli merasa ragu-ragu. Tidak jarang PLN mendapat pertanyaan dari beberapa anggota masyarakat mengenai kompensator daya ini, apakah benar dapat menghemat uang dan apakah penggunaannya tidak menyalahi aturan PLN (dikhawatirkan sebagai suatu bentuk pencurian listrik) ?

Untuk menjawab permasalah tersebut, maka telah dilaksanakan penelitian mengenai karakteristik kerja dari alat ini. Sejumlah kompensator daya dari berbagai merek dan jenis telah diteliti. Sasaran penelitian ditujukan untuk mengetahui apakah sebenarnya alat kompensator daya yang terlihat sebagai

black-box
ini, apakah benar dapat memberikan penghematan energi listrik, dan bila benar, seberapa jauh alat ini dapat melakukan penghematan pemakaian energi listrik di rumah tangga ? Sedangkan tujuan dari penelitian

adalah untuk memberikan pegangan bagi kita semua dalam menyikapi terhadap membanjirnya tawaran kompensator daya. Adapun manfaat hasil penelitian yang dapat diambil oleh perusahaan listrik seperti PLN adalah bahwa perusahaan listrik dapat menempatkan diri secara tepat, apakah bersikap netral, menolak atau mendukung terhadap keberadaan kompensator daya untuk rumah tangga ini.

Lingkup penelitian yang dilakukan adalah meneliti mengenai karakteristik beban dari alat kompensator daya, yaitu karakteristik dari alat dalam kaitannya dengan penghematan energi listrik untuk penggunaan pada berbagai kondisi pembeban (pada beban dengan berbagai kondisi faktor daya). Sedangkan perangkat keras (isi dalam) dari alat ini di luar dari pembahasan. Alat kompensator daya hanya dianggap sebagai

blackbox
yang mempunyai fungsi pengaruh tertentu terhadap sistem, yaitu fungsi memberikan pengaruh perubahan terhadap kondisi sistem.

Detail selanjutnya ada di attachment email ini......

Kesimpulan

Ada dua jenis alat kompensator daya untuk rumah tangga yang banyak beredar di pasaran, yaitu : jenis A, kompensator daya yang pemasangannya paralel terhadap pemanfaat listrik, dan jenis B, kompensator daya yang pemasangannya seri terhadap pemanfaat listrik.

Jenis A merupakan kompensator daya reaktif induktif yang mempunyai manfaat seperti halnya

suatu kompensator daya reaktif (kapasitor). Besarnya rupiah dari pemakaian energi listrik yang

disedot oleh pemanfaat listrik tidak dapat dikurangi dengan pemasangan alat kompensator daya jenis ini. Sedangkan kemampuan mengurangi rugi hantaran sangat rendah, karena hantaran instalasi rumah umumnya tidak terlalu panjang. Untuk rumah tinggal pada umumnya, penghematan yang dapat diperoleh dari pemasangan kompensator daya ini hanya berkisar antara Rp 3.000,- s/d Rp 5000,- per bulan. Kondisi inipun dapat dicapai jika faktor daya dari beban listrik di rumah tersebut sangat jelek ( Cos

j = 0,5). Bila faktor daya beban sudah baik, maka pemasangan kompensator daya justru akan menaikan rupiah per bulan.

Jenis B merupakan alat penurun catu daya atau catu tegangan ke pemanfaat listrik. Daya nyata yang diserap beban dengan pemasangan alat ini memang dapat turun 15 % hingga 20 %, tetapi tegangan catu juga turun hingga 20 %. Kompensator daya jenis ini

sangat tidak layak dan tidak dianjurkan dipakai,
karena menyebabkan penurunan kinerja pemanfaat listrik yang dapat berakibat penurunan efisiensi dan umur pemanfaat listrik.

Portal Industri : http://www.migas-indonesia.com
No E-mail (Web) : Migas_Indon...@yahoogroups.com
Daily Digest    : Migas_Indon...@yahoogroups.com
Individual Mail : Migas_Indon...@yahoogroups.com
Administrator   : Migas_Indo...@yahoogroups.com
Mirror Milis    : http://groups-beta.google.com/group/Migas-Indonesia-Google
    !!! HAPUS BAGIAN EMAIL YANG TIDAK PERLU SEWAKTU REPLY !!!

YAHOO! GROUPS LINKS

Energy SAVER Laboratory Test.pdf

Albert Sitanggang

to Migas_I...@yahoogroups.com
Thank Pak Administrator atas pencerahannya sangat berguna sekali, terlebih
lebih ulasannya berasal dari lembaga yang resmi seperti PLN plus penelitian
beberapa sample.
Saya masih menunggu pencerahan product "Energy Saver" untuk penghemat BBM
khususnya untuk mobil yang biasanya dipasang sebelum carburator mobil, dan
mungkin rekan rekan sudah punya pengalaman dan ada sudah memasangnya. Mohon
pencerahan secara detail, kalau boleh ulasannya bisa mendekati ulasan untuk
alat penghemat listrik yang sudah dijelaskan.
Regards
Albert. HS.
http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/NHYolB/TM

[...]

Migas_Indones...@yahoogroups.com

http://docs.yahoo.com/info/terms/

RDP

to Migas_I...@yahoogroups.com
Di milist tetangga IndoE...@yahoogroups.com juga sedang didiskusikan
ttg kondesor ini.
Apakah berfungsi "menghemat energi" atau "menghemat tagihan" ?
Banyak alat2 disebut-sebut sebagai penghemat energi namun kenyataanya
hanya "mengakali" cara kerja meteran. Karena ada dua jenis meteran
yaitu: KVA meter dan KWH meter.

RDP

--- In Migas_I...@yahoogroups.com, Albert Sitanggang
<albert.sitanggang@a...> wrote:

> [...]
> pencerahan secara detail, kalau boleh ulasannya bisa mendekati
ulasan untuk
> alat penghemat listrik yang sudah dijelaskan.

plnmalang

to Migas_I...@yahoogroups.com
Maaf Pak Rovicky,

Apakah yg dimaksud kompensator dan bukan kondensor? Dan 2 jenis meter
energi itu adalah kVA (kWh) Meter dan kVArh Meter?

Moohon maaf, cuma sedikit editorial.

Salam hangat,
Ivan

[...]

by Bidang Perencanaan - Sub bidang Teknologi Informasi
PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur
* Saran & Kritik E-mail ke ad...@pln-jatim.co.id
* Telp. (031) 5340651-6 Ext. 813

Cak Kandar

to Migas_I...@yahoogroups.com

Thendy wrote:

> [...]
>merupakan perbandingan KW dgn KVA.
>
>Sebuah instalasi listrik akan optimum baik dari segi teknis maupun ekonomis
>bila faktor daya mendekati 1.
>
>Sbg tambahan PLN akan mendenda kita bila faktor daya rata-2 bulanan kurang
>dari 0.85. yang akan terjadi bila total KVARh > 0.62 x KWHr.
>Untuk memperbaiki faktor daya maka salah satunya dipakailah kapasitor. Cara
>yg paling sederhana adalah dgn memakai capasitor bank sbg kompensasi energi
>reaktif.
>
>Dari hal tsb diatas, maka kita bisa berhemat dalam biaya dan skaligus

Pak Thendy, yang anda utarakan memang benar.

Namun, pertanyaannya adalah apakah benar alat-alat tersebut bisa
menghemat pengeluaran bulanan bagi pemakai rumah tangga?
Dari hasil uji, terbukti tidak lah benar klaim tersebut.
PLN hanya men-charge pemakaian WATT (daya aktif) untuk konsumen rumah
tangga.
Daya reaktif-nya GRATIS.

The information transmitted is intended only for the person or the entity to which it is addressed and may contain confidential and/or privileged material. If you have received it by mistake please notify the sender by return e-mail and delete this message including any of its attachments from your system. Any use, review, reliance or dissemination of this message in whole or in part is strictly prohibited. Please note that e-mails are susceptible to change. The views expressed herein do not necessarily represent those of PT Astra International Tbk and should not be construed as the views, offers or acceptances of PT Astra International Tbk.

Thendy

Cak Kandar

to Migas_I...@yahoogroups.com

Albert Sitanggang wrote:

> [...]
>pencerahan secara detail, kalau boleh ulasannya bisa mendekati ulasan untuk
>alat penghemat listrik yang sudah dijelaskan.

Link berikut menampilkan informasi berguna mengenai cara menghemat
pemakaian BBM.
http://www.ftc.gov/bcp/conline/pubs/autos/gasave.htm

Serta informasi mengenai hasil pengujian merek alat-alat yang meng-klaim
mampu menghemat pemakaian BBM.
Dari hasil test, *kebanyakan alat-alat tersebut tidak terbukti menghemat
BBM*.
Hanya beberapa merek yang ditandai oleh asterix (*) yang terbukti mampu
melakukan penghematan, namun kecil.

*Info:
Devices Tested by EPA*
The following list categorizes various types of "gas-saving" products,
explains how they're used and gives product names. Those with asterisks
may save measurable, but small, amounts of gas. All others have been
found *not* to increase fuel economy.

*Air Bleed Devices*. These devices bleed air into the carburetor. They
usually are installed in the Positive Crankcase Ventilation line or as a
replacement for idle-mixture screws.

The EPA has evaluated the following products: ADAKS Vacuum Breaker Air
Bleed; Air-Jet Air Bleed; Aquablast Wyman Valve Air Bleed; Auto-Miser;
Ball-Matic Air Bleed; Berg Air Bleed; Brisko PCV; Cyclone-Z; Econo
Needle Air Bleed; Econo-Jet Air Bleed Idle Screws; Fuel Max*; Gas Saving
Device; Grancor Air Computer; Hot Tip; Landrum Mini-Carb; Landrum
Retrofit Air Bleed; Mini Turbocharger Air Bleed; Monocar HC Control Air
Bleed; Peterman Air Bleed; Pollution Master Air Bleed; Ram-Jet;
Turbo-Dyne G.R. Valve.

*Vapor Bleed Devices*. These devices are similar to the air bleed
devices, except that induced air is bubbled through a container of a
water and anti-freeze mixture, usually located in the engine compartment.

The EPA has evaluated: Atomized Vapor Injector; Frantz Vapor Injection
System; Hydro-Vac: POWERFUeL; Mark II Vapor Injection System; Platinum
Gasaver; V-70 Vapor Injector; SCATPAC Vacuum Vapor Induction System:
Econo-Mist Vacuum Vapor Injection System; Turbo Vapor Injection System.

*Liquid Injection*. These products add liquid into the fuel/air intake
system and not directly into the combustion chamber.
The EPA has evaluated: Goodman Engine System-Model 1800; Waag-Injection
System*.

Ignition Devices. These devices are attached to the ignition system or
are used to replace original equipment or parts.
The EPA has evaluated: Autosaver; Baur Condenser; BIAP Electronic
Ignition Unit; Fuel Economizer; Magna Flash Ignition Control System;
Paser Magnum/Paser 500/Paser 500 HEI; Special Formula Ignition Advance
Springs.

*Fuel Line Devices (heaters or coolers)*. These devices heat the fuel
before it enters the carburetor. Usually, the fuel is heated by the
engine coolant or by the exhaust or electrical system.
The EPA has evaluated: FuelXpander; Gas Meiser I; Greer Fuel Preheater;
Jacona Fuel System; Optimizer; Russell Fuelmiser.

*Fuel Line Devices (magnets)*. These magnetic devices, clamped to the
outside of the fuel line or installed in the fuel line, claim to change
the molecular structure of gasoline.

The EPA has evaluated: PETRO-MIZER; POLARION-X; Super-Mag Fuel Extender;
Wickliff Polarizer [fuel line magnet/intake air magnet].

*Fuel Line Devices (metallic)*. Typically, these devices contain several
dissimilar metals that are installed in the fuel line, supposedly
causing ionization of the fuel.

The EPA has evaluated: Malpassi Filter King [fuel pressure regulator];
Moleculetor.

*Mixture Enhancers (under the carburetor)*. These devices are mounted
between the carburetor and intake manifold and supposedly enhance the
mixing or vaporization of the air/fuel mixture.

The EPA has evaluated: Energy Gas Saver; Environmental Fuel Saver; Gas
Saving and Emission Control Improvement Device; Glynn-50; Hydro-Catalyst
Pre-Combustion Catalyst System; PETROMIZER SYSTEM; Sav-A-Mile; Spritzer;
Turbo-Carb; Turbocarb.

*Mixture Enhancers (others)*. These devices make some general
modifications to the vehicle intake system.

The EPA has evaluated: Basko Enginecoat; Dresser Economizer;
Electro-Dyne Superchoke; Filtron Urethane Foam Filter; Lamkin Fuel
Metering Device; Smith Power and Deceleration Governor.

*Internal Engine Modifications*. These devices make physical or
mechanical function changes to the engine.

The EPA has evaluated: ACDS Automotive Cylinder Deactivation System*;
Dresser Economizer; MSU Cylinder Deactivation*.

*Accessory Drive Modifiers*. These devices reduce power to specific auto
accessories.

The EPA has evaluated: Morse Constant Speed Accessory Drive **; P.A.S.S.
Kit**; PASS Master Vehicle Air Conditioner**.

*Fuels and Fuel Additives*. These materials are added to the gas tank.

The EPA has evaluated: Bycosin; EI-5 Fuel Additive; Fuelon Power;
Johnson Fuel Additive; NRG #1 Fuel Additive; QEI 400 Fuel Additive;
Rolfite Upgrade Fuel Additive; Sta-Power Fuel Additive; Stargas Fuel
Additive; SYNeRGy-1; Technol G Fuel Additive; ULX-15/ULX-15D; Vareb 10
Fuel Additive; XRG #1 Fuel Additive.

*Oils and Oil Additives*. Usually these materials are poured into the
crankcase.

The EPA has evaluated: Analube Synthetic Lubricant; Tephguard.

*Driving Habit Modifiers*. These are lights or sound devices to tell the
driver to reduce acceleration or to shift gears.

The EPA has evaluated: AUTOTHERM**; Fuel Conservation Device; Gastell;
IDALERT**.

*Miscellaneous*. The EPA has evaluated: BRAKE-EZ; Dynamix; Fuel
Maximiser; Gyroscopic Wheel Cover; Kamei Spoilers**; Kat's Engine
Heater; Lee Exhaust and Fuel Gasification EGR; Mesco Moisture Extraction
System; P.S.C.U. 01 Device; Treis Emulsifier.

* /Indicated a very small improvement in fuel economy but with an
increase in exhaust emissions. According to Federal regulations,
installation of this device could be considered illegal tampering./

** /Indicated a very small improvement in fuel economy without an
increase in exhaust emissions. However, cost-effectiveness must be
determined by the consumer for a particular application./

[...]

ali topan

to Migas_I...@yahoogroups.com

Yth anggota milis, perusahaan saya perlu :
Plat Carbon Steel
Panjang & Lebar = 73 1/2"
Tebal 6 1/8"
kalau ada yang bisa supply, bisa kontak saya via japri
Terimakasih atas perhatiannya

Hadi Purnomo

to Migas_I...@yahoogroups.com
Selamat siang,

Kebetulan dahulu adik saya sebagai agen dari "Power Saver" atau Capasitor
Bank. Yang teridiri untuk daya 900, 1300 dan 2200 watt. Yang memang setiap
pengguna daya pada meteran listrik mempunya karakteristik yang berbeda
sehingga memerlukan design yang berbeda.

Uji gampangnya adalah: dengan menggunakan lampu TL 40watt dan dengan memakai
ampere meter serta Power Saver (PS) disedikan stopcontract untuk menguji
pemakaian setelah dan sebelum.
Pada saat pemakaian 2 lampu TL 40 watt, ampere meter menunjukan lebih dari
1.5 ampere.
dan setelah pemasangan PS terjadi penurunan arus yang kurang dari 1 ampere.

Logicnya adalah:
2 lampu TL dengan daya 40 watt seharusnya adalah 80 watt

Kalau kata brosurnya adalah: dengan lampu TL (menggunakan kumparan) terjadi
Induksi sehingga amper meter menambah induksi tsb (maaf saya tidak tahu
secara hitungan fisika). dan setelah pemakainan PS induksi tersebut
dikembalikan/minimalkan sehingga apa yang terpakai itulah yang terbaca.

Selelah dibuktikan memang benar bahwa terjadi penyusutan pembayaran +/- 40%
dari biasaya selama pemasangan tepat yaitu PS dipasang didepan setelah
meteran sehingga seluruh Induksi dalam rumah tangga bisa diserap oleh PS
tersebut.

Teknologi ini sebenarnya telah dikembangkan oleh german dan biasanya dipakai
didalam industri. karena memang industri banyak menyumbankan induksi pada
pemakaiannya.

Dan kebetulan juga sesepupu saya bisnis ini sehingga saya sedikit tahu akan
ini. Dalam banyak kasus industri yang telah menggunakan (dengan design yang
berbeda dari setiap industri karena penggunaan alat tsb) dan terjadi
penghematan 40 - 60 % untuk pembacaan meter listrik. Dan hal ini berkembang
utnuk pemakaian rumah tangga. Prinsipnya Kita membayar apa yang kita
pakai...

Waktu saya kuliah dulu kebetulan dosen saya dari PLN dia bilang bahwa
pemakaian lampu TL merugikan PL karena memperpendek umur mesin-mesin dari
PLN. Jadi dengan PS/kapasitor bank ini justru meringankan beban pada turbin
di pembangkit sana.

Salam

Hadi

to Migas_I...@yahoogroups.com
Yth rekan2 milis

Saat ini saya sdg evaluasi requisition pompa, dimana motornya disyaratkan
hrs bisa "soft start". Utk itu saya mau bertanya kepada rekan2 milis,
khususnya rekan2 electrical engineer sbb :
1. apa yg dimaksud "soft start" tsb?
2. apakah memang perlu motor yg khusus/special spy bisa "soft start"?
(tidak semua motor bisa soft start?)
3. kondisi apa yg mensyaratkan motor harus bisa "soft start"

Sebelum dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih utk rekan2 sekalian.

Salam

DiTo
Mech Engr

[...]

Mirror Milis : http://groups.google.com/group/Migas-Indonesia-Google

Mutt...@ikpt.com

to Migas_I...@yahoogroups.com
Pak Dito,
saya coba sedikit menjawab pertanyaan bpk sebatas mampu saya dan
diharapkan tambahan bagi rekan2 electrical yg lain.

1. apa yg dimaksud "soft start" tsb?
=>> Soft start itu diartikan sebagai kemampuan motor untuk menggerakkan
mechanical equipment (pump, compressor,dll) dengan "halus"., dgn kata lain
inrush current motor tidak menyebabkan voltage dip pada MCC (motor control
center) melebihi 15 % (rata2) , pada terminal motor tidalk melebihi 20%
(rata2).
Soft start sendiri tidak bisa begitu saja tanpa ada driver soft start itu
sendiri, antara lain jenis : current control, voltage control, torque
control, auto-XFMR, dll. (dgn harga relatif mahal). Jika motor sekitar 132
KW dgn tegangan 400V hanya start dengan mengandalkan feeder dari MCC tanpa
ada driver soft start (direct on-line) mustahil mendapatkan starting yg
"halus" karena inrush current-nya bisa 6-7 kali Full Load Current (FLC)
motor tsb dan menyebabkan voltage drop yg besar (bisa2 gak starting).

2. apakah memang perlu motor yg khusus/special spy bisa "soft start"?
(tidak semua motor bisa soft start?)
=>> seperti jawaban pertanyaan 1, bukan motornya yg khusus, tapi harus ada
driver soft start itu sendiri

3. kondisi apa yg mensyaratkan motor harus bisa "soft start"
=>> jika motor harus bisa soft start, kondisi yg bisa mensyaratkannya
hanya dengan menggunakan driver soft starting atau VFD (variabel frequency
drive). Yg terakhir adalah metode yang paling bagus tetapi dengan harga yg
lebih mahal dari soft start.

Terakhir, sebelum harus mensyaratkan motor di start dengan soft starter,
yg harus diperhatikan adalah motor utk menggerakkan apa (biasanya
compressor diutamakan menggunakan soft starter), berapa load motor
(KW/HP), berapa tegangannya (V), seberapa jauh motor dengan MCC, dan
berapa kapasitas generator. Jika cuma motor kecil, saya kira tidak perlu
menggunakan soft starter, cukup direct on-line aja atau driver Y/D
(wye-delta).-

Saya harapkan tambahan atau pelurusan dari electrical engg. yg lain.-

thanks

muttaqin
elect. engg.

"D. Hanindito" <dhani...@elwatt.com>
Sent by: Migas_I...@yahoogroups.com
11/11/2005 08:16 AM
Please respond to
Migas_I...@yahoogroups.com

Migas_I...@yahoogroups.com
cc

Subject
[BULK] - [Oil&Gas] (elect) Soft Start utk Electrical Motor

[...]

D. Hanindito

to Migas_I...@yahoogroups.com
Pak Muttaqin

Memang dari data motor yg saya review, ratingnya cukup besar yaitu 246
kW/480 V, dan dioperasikan menggunakan Black Start Generator yg tentunya
kapasitas genset ini tidak terlalu besar. Spec-nya adalah submersible,
dipake utk menggerakkan firewater pump.
Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas posting emailnya, menambah
kejelasan dari posting sebelumnya oleh pak Wahyun.

Salam

DiTo
Mutt...@ikpt.com
Sent by: